Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.03/2019 Tahun 2019

KEWAJIBAN PEMENUHAN RASIO PENGUNGKIT BAGI BANK UMUM
KONSIDERANS

Menimbang:

a. bahwa untuk menciptakan sistem perbankan yang sehat dan berkembang sehingga mampu bersaing secara nasional maupun internasional, diperlukan struktur permodalan bank yang kuat;
b. bahwa untuk mengukur struktur permodalan bank, diperlukan indikator rasio permodalan untuk melengkapi rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum;
c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Kewajiban Pemenuhan Rasio Pengungkit Bagi Bank Umum;
PENGERTIAN
Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini yang dimaksud dengan:        
1. Bank Umum yang selanjutnya disebut Bank adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran, termasuk kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri.     
2. Rasio Pengungkit atau Leverage Ratio yang selanjutnya disebut Rasio Pengungkit adalah perbandingan antara modal inti dengan total eksposur.     
3. Modal Inti adalah modal inti sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan mengenai kewajiban penyediaan modal minimum bank umum.     
4. Total Eksposur adalah penjumlahan dari eksposur aset pada laporan posisi keuangan, eksposur transaksi derivatif, eksposur transaksi pembiayaan surat berharga (securities financing transactions), dan eksposur transaksi rekening administratif pada laporan komitmen dan kontinjensi.     
5. Perusahaan Anak adalah perusahaan yang dimiliki dan/atau dikendalikan oleh Bank secara langsung atau tidak langsung, baik di dalam maupun di luar negeri, yang memenuhi kriteria sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan mengenai penerapan manajemen risiko secara konsolidasi bagi bank yang melakukan pengendalian terhadap perusahaan anak.     
DETAIL PERATURAN

Berikut detail Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.03/2019 Tahun 2019

META KETERANGAN
Judul Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.03/2019 Tahun 2019
SubJudul KEWAJIBAN PEMENUHAN RASIO PENGUNGKIT BAGI BANK UMUM
Jenis pojk
Nomor 31
Tahun 2019
Tempat Penetapan Jakarta
Tanggal Penetapan 02 Desember 2019
Tempat Pengundangan Jakarta
Tanggal Pengundangan 03 Desember 2019
Nama Jabatan Pengundangan MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA
Nama Pejabat Pengundangan YASONNA H. LAOLY
Publikasi Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor Publikasi 232
Tahun Publikasi 2019
Penjelasan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor Penjelasan 6428
MODES
Detail List Penjelasan
TAGS
Jasa Keuangan pojk 31 2019 31/POJK.03/2019
SHARE
Facebook Twitter Telegram WhatsApp LinkedIn Mail